Bidang Penanaman Modal

 Kepala Bidang Penanaman Modal

  1. Bidang Penanaman modal dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.
  2. Kepala Bidang penanaman modal mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam menyiapkan perencanaan, perumusan kebijakan dan pelaksanaan program kerja serta kegiatan dalam bidang penanaman modal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Bidang penanaman modal menyelenggarakan fungsi:
  1. Permususan bahan kebijakan operasional di bidang penanaman modal;
  2. perumusan bahan perencanaan operasional program dan kegiatan di bidang penanaman modal;
  3. Pengkajian, penyusunan dan pengusulan rencana umum, rencana strategis dan    rencana    pengembangan   penanaman  berdasarkan sektor usaha;
  4. Pengkajian,   penyusunan   dan   pengusulan   deregulasi/kebijakan penanaman modal;
  5. Pengembangan potensi dan peluang penanaman modal dengan memberdayakan badan usaha melalui penanaman modal, antara lain meningkatkan kemitraan dan daya saing penanaman modal;
  6. Penyusunan dan pengembangan kebijakan atau strategi promosi penanaman modal;
  7. Perencanaan kegiatan promosi penanaman modal di dalam dan luar negeri;
  8. Penyusunan  bahan,  sarana  dan  prasarana  promosi  penanaman modal;
  9. Pelaksanaan pemantauan realisasi penanaman modal berdasarkan sektor usaha;
  10. Pelaksanaan pembinaan dan fasilitasi penyelesaian permasalahan penanaman modal;
  11. Pelaksanaan  pengawasan  kepatuhan  dan  kewajiban  perusahaan penanaman modal sesuai ketentuan kegiatan usaha dan peraturan perundang-undangan;
  12. Pelaksanaan  administrasi  pelayanan  perizinan  dan  nonperizinan penanaman modal;
  13. Pelaksanaan pembangunan dan pengembangan serta pengelolaan sistem informasi penanaman modal;
  14. perumusan   bahan   pembinaan,   bimbingan,   pengendalian   dan pengaturan teknis di bidang perencanaan, pengembangan iklim dan promosi penanaman modal;
  15. perumusan   bahan   pembinaan,   bimbingan,   pengendalian   dan pengaturan teknis di bidang pengendalian pelaksanaan penanaman modal;
  16. perumusan   bahan   pembinaan,   bimbingan,   pengendalian   dan pengaturan teknis di bidang data dan informasi penanaman modal;
  17. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan bidang penanaman modal; dan
  18. penyelenggaraan  tugas  lain  yang  diberikan  oleh  atasan  sesuai bidang tugas dan fungsinya.

 

Kepala Seksi Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal

  1. Seksi Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya     berada  dibawah  dan  bertanggungjawab  kepada  Kepala Bidang Penanaman Modal.
  2. Kepala  Seksi  Perencanaan,  Pengembangan  Iklim  dan  Promosi Penanaman      Modal  mempunyai  tugas  membantu Kepala  Bidang Penanaman Modal menyiapkan bahan perumusan kebijakan, dan perencanaan operasional serta pelaksanaan program dan kegiatan di bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Dalam  melaksanakan  tugas  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (2), Kepala Seksi Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal mempunyai uraian tugas sebagai berikut:
  1. menghimpun,    mempelajari    dan    menelaah    serta    mengolah peraturan   perundang   undangan,   kebijakan,   pedoman   dan petunjuk         teknis   serta   data   dan   informasi   lainnya   yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  2. menyusun    rencana    kerja    dan    kegiatan    serta    anggaran di lingkungan unit kerja;
  3. mengoordinasikan   penyusunan   Sasaran   Kerja   Pegawai   (SKP) dilingkungan unit kerja;
  4. menyiapkan  bahan  penyusunan  kebijakan  teknis  Perencanaan, Pengembangan   Iklim  dan  Promosi  Penanaman sesuai lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  5. melakukan pengumpulan data, analisis dan penyusunan rencana umum, rencana strategis dan rencana pengembangan penanaman modal lingkup daerah berdasarkan sektor usaha;
  6. Melakukan pengumpulan data, analisis dan penyusunan rencana umum, rencana strategis dan rencana pengembangan penanaman modal;
  7. melakukan   pengumpulan   data,   analisis   dan   penyusunan deregulasi/    kebijakan   penanaman   modal  berdasarkan  sektor usaha;
  8. melakukan    pengumpulan    data,    analisis    dan    penyusunan kebijakan/strategi promosi penanaman modal berdasarkan sektor usaha;
  9. melakukan    pengumpulan    data,    analisis    dan    penyusunan kebijakan/strategi promosi penanaman modal;
  10. melakukan perencanaan promosi penanaman modal berdasarkan sektor usaha;
  11. melakukan promosi penanaman modal berdasarkan sektor usaha;
  12. melakukan   penyiapan   bahan/sarana   dan  prasarana   promosi penanaman modal;
  13. melakukan   publikasi   dan   distribusi   bahan-bahan   promosi penanaman modal;
  14. melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan bidang atau unit kerja terkait dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
  15. melaksanakan   inventarisasi   permasalahan   yang   berhubungan dengan bidang tugasnya dan menyusun petunjuk pemecahannya;
  16. memberikan  saran  dan  pertimbangan  kepada  atasan  berkaitan dengan bidang tugasnya;
  17. membagi  dan  mendistribusikan  tugas  kepada  bawahan  sesuai bidang tugas masing-masing;
  18. memberikan  petunjuk,  bimbingan  dan  arahan  serta  penilaian kinerja kepada bawahan; dan
  19. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai lingkup tugasnya.

 

Kepala Seksi Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal

  1. Seksi  Pengendalian  Pelaksanaan  Penanaman  Modal  dipimpin  oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Penanaman Modal.
  2. Kepala    Seksi    Pengendalian    Pelaksanaan    Penanaman    Modal mempunyai    tugas  membantu  Kepala  Bidang  Penanaman  modal menyiapkan               bahan    perumusan    kebijakan,    dan    perencanaan operasional  serta  pelaksanaan  program  dan  kegiatan  di  bidang Pengendalian              Pelaksanaan    Penanaman    Modal    sesuai    dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Dalam  melaksanakan  tugas  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (2), Kepala  Seksi  Pengendalian  Pelaksanaan  Penanaman  Modal mempunyai uraian tugas sebagai berikut:
  1. menghimpun,    mempelajari    dan    menelaah    serta    mengolah peraturan   undangan,   kebijakan,   pedoman  dan petunjuk        teknis   serta   data   dan   informasi   lainnya   yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  2. menyusun    rencana    kerja    dan    kegiatan    serta    anggaran di lingkungan unit kerja;
  3. mengoordinasikan   penyusunan   Sasaran   Kerja   Pegawai   (SKP) dilingkungan unit kerja;
  4. menyiapkan  bahan  penyusunan  kebijakan  teknis  pengendalian pelaksanaan  penanaman modal sesuai   lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  5. menyiapkan bahan dan memantau pelaksanaan penanaman modal berdasarkan sektor usaha;
  6. menyiapkan  bahan  dan  memantau  realisasi  penanaman  modal melalui Laporan Kegiatan Penanaman Modal berdasarkan sektor usaha;
  7. melakukan     pembinaan     pelaksanaan     penanaman     modal berdasarkan sektor usaha;
  8. melakukan   fasilitasi   penyelesaian   permasalahan   penanaman modal lingkup daerah;
  9. melakukan   pengawasan   atas   kepatuhan   perusahaan   sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  10. melakukan   pengawasan   atas   kewajiban   perusahaan   sesuai ketentuan kegiatan usaha dan peraturan perundang-undangan;
  11. melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan bidang atau unit kerja terkait dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
  12. melaksanakan   inventarisasi   permasalahan  yang  berhubungan dengan bidang tugasnya dan menyusun petunjuk pemecahannya;
  13. memberikan  saran  dan  pertimbangan  kepada  atasan  berkaitan dengan bidang tugasnya;
  14. membagi  dan  mendistribusikan  tugas  kepada  bawahan  sesuai bidang tugas masing-masing;
  15. memberikan  petunjuk,  bimbingan  dan  arahan  serta  penilaian kinerja kepada bawahan; dan
  16. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai lingkup tugasnya.

 

Kepala Seksi Data dan Informasi Penanaman Modal

  1. Seksi Data dan Informasi Penanaman Modal dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang penanaman modal.
  2. Kepala Seksi Data dan Informasi Penanaman Modal mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Penanaman Modal menyiapkan bahan perumusan      kebijakan,    dan    perencanaan    operasional    serta pelaksanaan program dan kegiatan di bidang Data dan Informasi Penanaman Modal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Dalam  melaksanakan  tugas  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (2), Kepala  Seksi  Data  dan  Informasi  Penanaman  Modal  mempunyai uraian tugas sebagai berikut:
  1. menghimpun,    mempelajari    dan    menelaah    serta    mengolah peraturan perundang undangan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta data dan informasi lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  2. menyusun    rencana    kerja    dan    kegiatan    serta    anggaran di lingkungan unit kerja;
  3. mengoordinasikan   penyusunan   Sasaran   Kerja   Pegawai   (SKP) dilingkungan unit kerja;
  4. menyiapkan   bahan   penyusunan   kebijakan   teknis   data   dan informasi penanaman modal sesuai lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  5. merencanakan,   mengolah,   memeriksa,   memverifikasi   dan melaksanakan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan nonperizinan penanaman modal;
  6. merencanakan     penyelenggaraan     pelayanan     perizinan     dan nonperizinan penanaman modal;
  7. membuat  konsep  penyelenggaraan  pelayanan  perizinan  dan nonperizinan penanaman modal;
  8. menyusun dan mengevaluasi laporan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan nonperizinan penanaman modal;
  9. mengadministrasi   penyelenggaraan   pelayanan   perizinan   dan nonperizinan penanaman modal;
  10. melakukan   pengolahan   data   dan   pelaporan   perizinan   dan nonperizinan penanaman modal;
  11. melakukan analisa perkembangan data perizinan dan nonperizinan penanaman modal;
  12. Melakukan evaluasi data perizinan dan nonperizinan penanaman modal;
  13. Melakukan  pembangunan  dan  pengembangan  sistem  informasi penanaman modal;
  14. Melakukan    pemeliharaan    sistem    informasi    dan    jaringan penanaman modal;
  15. melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan bidang/unit kerja terkait dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
  16. melaksanakan  Inventarisasi  permasalahan  yang  berhubungan  dengan bidang tugasnya dan menyusun petunjuk pemecahannya;
  17. memberikan  saran  dan  pertimbangan  kepada  atasan  berkaitan dengan bidang tugasnya;
  18. membagi  dan  mendistribusikan  tugas  kepada  bawahan  sesuai bidang tugas masing-masing;
  19. memberikan  petunjuk,  bimbingan  dan  arahan  serta  penilaian kinerja kepada bawahan;
  20. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai bidang tugasnya; dan
  21. melaksanakan  tugas lainnya  yang  diberikan oleh atasan  sesuai lingkup tugasnya.